Skip to main content

Cari Info Tentang Donor Darah? Cek di SehatQ.com

Donor darah merupakan kegiatan positif yang berguna bagi penerima donor maupun pendonornya. Bagi penerima donor (resipien), darah yang didonorkan berguna untuk menyuplai kekurangan darah yang dialami. Apalagi di musim pandemi seperti ini, jumlah aktivitas donor darah semakin berkurang karena persyaratan yang semakin ketat dan orang-orang di rumah saja. Stok darah di PMI pun semakin sedikit. Harga darah semakin mahal. Jadi, jika kamu sedang butuh darah untuk ditransfusikan, kamu tentu bersyukur jika ternyata ada orang yang rela mendonorkan darahnya.

Macam-macam Donor Darah

Ada dua macam jenis donor darah. Yang pertama adalah donor darah langsung. Jenis ini pendonor langsung melakukan donor darah tanpa tahu darahnya nanti akan didonorkan ke siapa. Sedangkan jenis yang kedua adalah donor darah pengganti. Untuk jenis ini, pendonor tahu siapa yang akan menerima darahnya.

Berbagai Manfaat Donor Darah bagi Pendonor

Donor darah memiliki banyak manfaat bagi pendonor. Ada banyak penyakit yang bisa dicegah dengan kamu sering melakukan donor darah.

  1. Menurunkan berat badan. Bagi kamu yang ingin menjaga berat badan, kamu bisa melakukan donor darah secara teratur. Ketika kamu mendonorkan darahmu sebanyak 450 cc, maka kalori yang akan kamu keluarkan adalah sekitar 650 kalori. Namun, kamu jangan berpikir donor darah sebagai jalan diet yah. Ini adalah pemikiran yang salah.
  2. Memperkecil risiko kanker. Ketika kamu melakukan donor darah, maka zat besi yang terkandung dalam darah ikut keluar bersama darah. Dengan ini, jumlah zat besi yang ada dalam tubuhmu tidak akan berlebih. Kadar zat besi yang berlebih bisa berpotensi menimbulkan cikal bakal sel kanker.
  3. Memperkecil risiko serangan jantung dan stroke. Darah dalam tubuh ketika dikeluarkan, maka kekentalannya akan berkurang. Darah yang terlalu kental bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke.
  4. Menjadi sarana cek kesehatan gratis. Sebelum kamu donor darah, pasti petugas akan melakukan pemeriksaan berbagai penyakit pada tubuhmu karena darah yang didonorkan harus benar-benar bebas dan berbagai penyakit. Nah secara tidak langsung kamu bisa periksa kesehatan tanpa harus bayar mahal. Menyenangkan bukan?

Syarat Donor Darah

Ada beberapa syarat donor darah yang harus kamu penuhi sebelum kamu bisa mendonorkan darahmu.

  1. Usia pendonor harus 17-60 tahun. Untuk beberapa kasus boleh hingga berumur 65 tahun jika kamu sudah langganan berdonor darah.
  2. Sehat jasmani dan rohani.
  3. Tekanan darah normal.
  4. Berat badan minimal 45 kg.
  5. Kadar hemoglobin normal.
  6. Jarak dengan donor darah sebelumnya paling cepat 2 bulan.

Selain syarat di atas, kamu juga perlu mempersiapkan fisikmu sebelum melakukan donor darah. Misal kamu tidak begadang, tidak sering makan gorengan, tidak mengonsumsi aspirin, dan sebagainya. Kamu bisa menanyakan tips sebelum donor darah pada petugas atau bisa langsung cek info lengkap mengenai donor darah di SehatQ.com.

SehatQ.com Pusat Informasi Kesehatan

Di SehatQ.com, tak hanya info donor darah saja yang bisa kamu dapatkan, kamu bisa mendapatkan info tindakan medis lainnya, seperti tes Covid-19, operasi bibir sumbing, operasi ablasi retina, dan masih banyak lainnya.

Tak hanya itu, kamu bisa membaca banyak artikel kesehatan yang bermanfaat. Misal tips diet, tips untuk ibu hamil, dan sebagainya. Tak hanya itu, kamu juga bisa bertanya langsung ke forum yang ada di SehatQ.com dan dijawab langsung oleh dokter. Menyenangkan bukan?

Selain hal di atas, kamu juga bisa berkonsultasi langsung dengan cara chat dokter. Fitur ini seperti telemedicine yang memungkinkan dokter untuk mendiagnosis penyakitmu dan memberikan resep obat. Di zaman pandemi seperti ini jika penyakit tidak perlu penanganan langsung, telemedicine adalah pilihan yang tepat sembari tetap di rumah.

Comments

Popular posts from this blog

Promo Domain .COM 70 Ribu Desember 2017

Kali ini ada promo domain .COM lagi dari Jagoan Hosting di akhir bulan Desember 2017. Harganya cukup murah, yaitu 70 ribu rupiah (belum termasuk PPN 10%). Kode promonya adalah YEARENDCOM . Yuk buruan diorder sebelum tanggal 31 Desember 2017. Jangan sampai ketinggalan promo ini yah!

Parade Promo Domain Murah April 2017 di IDwebhost

Setelah Qwords dan JagoanHosting yang sering ngasih promo domain, kali ini IDwebhost juga ngasih promo domain. Hanya saja promonya tidak semurah kedua penjual sebelumnya. Untuk .COM harganya 99 ribu, .ID 59 ribu, dan .XYZ 9 ribu. Beli domain .COM hanya dengan 99.000 Kupon Kode : april2017 Promo domain .ID Baru : 59.900 Perpanjangan : 139.900 Tanpa Kupon Kode Domain .XYZ baru hanya 9.900 Tanpa Kupon Kode Syarat dan Ketentuan Promo: Promo dimulai pada tanggal 10 April 2017 Promo hanya berlaku untuk yang sudah diproses sampai batas waktu berakhir yaitu 30 April 2017 Promo bisa dihentikan sebelum tanggal 30 April 2017 jika kuota telah terpenuhi. Promo yang tidak diproses sampai batas waktu dengan penyebab apapun akan secara otomatis batal dari promo. IDwebhost berhak membatalkan order dari promo yang ada. Ketentuan yang belum termuat dalam syarat dan ketentuan promo ini akan ditentukan lebih lanjut secara mutlak dari IDwebhost.

Tips Download Image Shutterstock Gratis Tanpa Watermark

Di zaman serba digital seperti saat ini, siapa sih yang tak kenal dengan Shutterstock?  Raksasa microstock besutan Jon Oringer ini sudah tidak diragunakan lagi dalam bidang penyedia gambar beresolusi tinggi. Banyaknya gambar menarik beresolusi tinggi yang tersedia di Shutterstock, membuat situs ini makin dikenal baik dari kalangan kreator, desainer, blogger, pebisnis hingga kalangan artis. Anda dapat menemukan  gambar terbaik yang Anda butuhkan, dengan mengunjungi situs ini. Dari beberapa gambar di Shutterstock memiliki watermark, lantas bagaimana cara menghilangkan watermark tersebut? Ada beberapa cara download Shutterstock gratis tanpa watermark yang perlu Anda ketahui. Anda dapat menggunakan beberapa website penyedia download gambar gratis shutterstock tanpa watermark seperti website dl.idcopy.biz, sharedvn.net, getpaidstock.com. Penasaran, bagaimana cara download shutterstock gratis tanpa watermark? Yuk, ikuti langkah-langah berikut ini.  1. Download dengan dl.idcopy.biz Cara perta