Skip to main content

Apa Sih Beda Hutang dan Piutang?

Anda pasti sudah sangat akrab dengan kata hutang, tapi bagaimana dengan piutang? Apakah kedua kata ini mempunyai arti yang sama? Ternyata tidak. Meski mempunyai kata yang hampir sama, keduanya memiliki perbedaan yang sangat jauh dalam sebuah bisnis. Jadi penasaran apa yang membedakan kedua kata ini? Perbedaan Kata Hutang dan PiutangPerbedaan utama antara hutang dan piutang dalam akuntansi adalah bahwa piutang menunjukkan uang yang menjadi hak Anda dari pembeli, dan hutang menunjukkan hutang Anda kepada kreditor. Kesamaan terpenting di antara keduanya adalah bahwa kedua jenis tersebut diletakkan di neraca perusahaan Anda.Uang yang berhutang kepada Anda umumnya dicatat dalam satu akun yang disebut piutang. Piutang adalah saldo uang yang Anda peroleh oleh pembeli Anda namun belum dibayar. Sementara hutang adalah sejumlah uang yang harusnya Anda berikan kepada pihak-pihak yang berwenang. Biasanya, Anda memiliki lebih banyak kategori hutang dalam catatan akuntansi Anda, termasuk, misalnya, …

Apa Sih Beda Hutang dan Piutang?

Anda pasti sudah sangat akrab dengan kata hutang, tapi bagaimana dengan piutang? Apakah kedua kata ini mempunyai arti yang sama? Ternyata tidak. Meski mempunyai kata yang hampir sama, keduanya memiliki perbedaan yang sangat jauh dalam sebuah bisnis. Jadi penasaran apa yang membedakan kedua kata ini?

Perbedaan Kata Hutang dan Piutang

Perbedaan utama antara hutang dan piutang dalam akuntansi adalah bahwa piutang menunjukkan uang yang menjadi hak Anda dari pembeli, dan hutang menunjukkan hutang Anda kepada kreditor. Kesamaan terpenting di antara keduanya adalah bahwa kedua jenis tersebut diletakkan di neraca perusahaan Anda.

Uang yang berhutang kepada Anda umumnya dicatat dalam satu akun yang disebut piutang. Piutang adalah saldo uang yang Anda peroleh oleh pembeli Anda namun belum dibayar. 

Sementara hutang adalah sejumlah uang yang harusnya Anda berikan kepada pihak-pihak yang berwenang. Biasanya, Anda memiliki lebih banyak kategori hutang dalam catatan akuntansi Anda, termasuk, misalnya, hutang dagang, hutang wesel bayar, hutang gaji, hutang bunga dan hutang obligasi. 

Setiap kategori hutang digunakan untuk menunjukkan jumlah hutang Anda kepada pihak penerima yang berbeda. Hutang akun, misalnya, adalah jumlah hutang Anda kepada pemasok yang Anda beli secara kredit. Upah yang harus dibayar adalah jumlah hutang kepada karyawan atas pekerjaan mereka.

Piutang usaha dan hutang usaha adalah istilah akuntansi yang digunakan untuk mencatat arus kas masuk dan keluar dalam buku besar perusahaan. Hutang dagang mengacu pada uang yang dimiliki bisnis, dan piutang mengacu pada uang yang berhutang kepada perusahaan. Hutang dan piutang dicatat di neraca, piutang dicatat sebagai aset dan hutang dicatat sebagai kewajiban.

Hutang usaha melibatkan semua uang yang harus dibayar perusahaan kepada vendor luar untuk biaya overhead, seperti sewa dan persediaan. Pengeluaran ini diperlukan untuk menjaga perusahaan tetap dalam bisnis. Hutang  dicatat sebagai arus keluar kas yang tertunda.

Penting bagi bisnis untuk tetap mengetahui hutang dagangnya, karena ini adalah satu-satunya cara untuk menentukan kesehatan keuangan bisnis. Selain itu, perusahaan harus melacak kapan hutang-nya jatuh tempo, karena keterlambatan pembayaran dapat berdampak negatif pada peringkat kredit perusahaan.

Sementara piutang melibatkan semua uang yang masuk ke perusahaan. Piutang adalah uang yang diperoleh perusahaan, tetapi belum diterima. Piutang dicatat sebagai arus kas masuk yang tertunda. Piutang baik untuk bisnis, karena berarti perusahaan melakukan penjualan dan mengembangkan bisnis mereka.

Piutang sering memiliki persyaratan yang berbeda, dengan jenis jatuh tempo dalam 30 hari, dan lainnya jatuh tempo dalam 60 atau bahkan 90 hari. Periode waktu ini disebut periode pengumpulan. Jika periode penagihan untuk hutang lebih pendek dari piutang, perusahaan dapat mengalami kesulitan untuk membayar hutangnya. 

Dengan piutang, perusahaan pada dasarnya memberikan kredit kepada pelanggannya, dan persyaratannya ditetapkan dalam kontrak. Ingin lebih mudah mencatat hutang dan piutang Anda? Yuk, gunakan aplikasi bernama “Buku Kas” untuk memudahkan Anda mengelola keuangan bisnis Anda.

Comments

Popular posts from this blog

Promo Domain .COM April di Qwords

Setelah Qwords promo domain .COM tanggal 3-7 April 2017 lalu, kini Qwords promo lagi untuk periode hingga akhir April 2017. Harganya juga tak jauh dari promo sebelumnya, yaitu 65 ribu (belum termasuk PPN 10%).


Kode kupon untuk promo domain .COM Qwords kali ini adalah APRCOM65. Selamat berburu domain murah!

Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Menara Astra

Sebagai perusahaan besar yang telah menaungi berbagai badan usaha, Astra kini mencoba peruntungannya di bidang proyek perkantoran pertama PT Astra International Tbk di Jakarta. Proyek yang diberi nama PT Menara Astra atau juga dikenal sebagai Astra Tower Sudirman merupakan gedung pencakar langit serta perkantoran pertama yang dimiliki 100% oleh Astra.


Gedung perkantoran pertama Astra ini juga sekaligus menandai diri sebagai gedung pencakar langit dengan ketinggian di urutan keempat di Jakarta. Gedung ini terletak di kawasan CBD (Central Business District) atau pusat kawasan bisnis jantung kota Jakarta. Bagi Anda yang berniat mencari ruang kantor di kawasan pusat bisnis, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan gedung Astra satu ini.

1. Lokasi alamat gedungBangunan komersil ini merupakan pilot proyek dari PT Astra International Tbk tepatnya Astra Property yang dibanding di kawasan pusat bisnis di Jakarta. Menara ini sendiri kini menjadi rumah bagi perusahaan Astra Internasional Indon…

Inilah 3 Alasan Mengapa Anda Harus Membeli Kendaraan Baru untuk Kebutuhan Niaga

Semakin kesini jika dilihat banyak diantara produsen kendaraan yang berlomba-lomba memasarkan produk buatannya kedalam negeri. Tak hanya kendaraan pribadi saja, melainkan juga kendaraan yang digunakan untuk perniagaan atau perdagangan. Hanya saja konsumen sendiri pastinya juga masih membanding-bandingkan mana truk paling tangguh di Indonesia bukan, apalagi banyak sekali diantara pilihan merknya.


Namun jika dilihat mayoritas diantara masyarakat lebih memilih menggunakan produk keluaran dari negara Jepang yaitu Mitsubishi, pastinya tak begitu asing dengan merk yang satu ini, karena ia cukup mendominasi penjualan produk kendaraan niaga di Indonesia, kualitasnya juga tidak perlu diragukan lagi. Untuk kebutuhan sarana atau kendaraan angkut mungkin banyak diantara Anda yang juga melihat bukan hanya produk baru, melainkan juga barang bekas yang dijual di pasaran bukan, tentunya dengan harga jual yang jauh lebih murah. Hanya saja untuk kebutuhan berniaga atau sarana angkut ini lebih disaranka…